Halaman

Selasa, 04 Desember 2012

Perang Coklat: Hersey’s dan M&M


Slogan :
“Hershey Cokelatnya Orang Amerika”
“Memerlukan ide brilian, ambisi yang tinggi, dan strategi pemasaran yang jitu untuk dapat menjadi market leader”

Deferesiation Produk
Kekuatan dari M&M adalah adanya diferensiasi produk, melalui produk cokelat yang tidak meleleh di tangan, sehingga memudahkan konsumen dalam mengkonsumsinya, sedangkan Posisi persaingan antara perusahaan besar Hershey berubah secara dramatis karena M&M mempromosikan produknya dengan gencar melalui tagline “cokelat yang tidak meleleh di tangan”sedangkan disaat yang sama cokelat Hershey masih dalam bentuk cokelat batangan. Strategi penyerangan yang dilakukan oleh M&M adalah strategi penyerangan frontal (frontal attack strategy). Sedangkan Hershey selaku market leader mempertahankan pangsa pasarnya dengan melakukan inovasi secara kontinu dengan strategi position defense.
Hershey merupakan produsen cokelat yang sudah go public sehingga mempunyai keunggulan modal untuk mendukung fungsi produksi serta fungsi marketing produk, akan tetapi di awal proses berjalan, perusahaan ini belum mempunyai ambisi di bidang marketing. Sehingga untuk strategi marketing masih bersaing dengan perusahaan Mars yang merupakan perusahaan perseorangan. Hershey sangat terkenal dengan coklat Milky Way nya, sedangkan Mars sangat terkenal dengan coklat M&M nya. Mars terlihat sedikit lebih unggul dalam hal inovasi product, dan dalam hal promosi. Coklat mars di balut permen yang tahan panas, sehingga dia memiliki tag line coklat yang tidak lumer di tangan tapi lumer di mulut.
Produk - Produk yang lebih diunggulkan oleh Hershey beberapa diantaranya Snickers, Three musketers, M&M, dan Milky way. Produk-produk tersebutlah yang diunggulkan untuk bersaing dengan perusahaan lainnya. Akan tetapi semakin bertambahnya waktu, kondisi politik negara juga sangat berpengaruh. Dan kedua perusahaan besar terebut membuat inovasi-inovasi strategi yang diantaranya, perusahaan Hershey memanfaatkan perang militer Amerika di Irak. Hershey mampu menyuplai coklat sebagai konsumsi tentara amerika yang berperang, dengan daya konsumsi kurang lebih 12 pon cokelat per orang. Dan membuat produk untuk para militer dengan produk baru Desert Bar yang merupakan cokelat bisa bertahan tidak meleleh hingga suhu 140 derajat farenheit.
Perusahaan cokelat Hershey membuat inovasi produk Milky way dengan biaya produksi yang lebih murah sehingga mampu bersaing dengan produk-produk Mars. Ketika tahun 1967 dan 1968 terjadi kenaikan harga nikel sehingga mempengaruhi harga produksi saat itu. Dan Hershey mengalami kondisi down, tapi pada akhirnya mampu untuk membuat solusi sehingga untuk menjadi unggul kembali di bisnis produsen cokelat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar