Slogan :
“Hershey Cokelatnya Orang Amerika”
“Memerlukan ide brilian, ambisi yang tinggi, dan strategi pemasaran yang
jitu untuk dapat menjadi market leader”
Deferesiation Produk
Kekuatan dari M&M
adalah adanya diferensiasi produk, melalui produk cokelat yang tidak meleleh di
tangan, sehingga memudahkan konsumen dalam mengkonsumsinya, sedangkan Posisi
persaingan antara perusahaan besar Hershey berubah secara dramatis
karena M&M mempromosikan produknya dengan gencar melalui tagline “cokelat
yang tidak meleleh di tangan”sedangkan disaat yang sama cokelat Hershey
masih dalam bentuk cokelat batangan. Strategi penyerangan yang dilakukan oleh
M&M adalah strategi penyerangan frontal (frontal attack strategy).
Sedangkan Hershey selaku market leader mempertahankan pangsa pasarnya dengan
melakukan inovasi secara kontinu dengan strategi position defense.
Hershey merupakan
produsen cokelat yang sudah go public sehingga mempunyai keunggulan modal untuk
mendukung fungsi produksi serta fungsi marketing produk, akan tetapi di awal
proses berjalan, perusahaan ini belum mempunyai ambisi di bidang marketing.
Sehingga untuk strategi marketing masih bersaing dengan perusahaan Mars yang
merupakan perusahaan perseorangan. Hershey sangat terkenal dengan coklat
Milky Way nya, sedangkan Mars sangat terkenal dengan coklat M&M nya. Mars
terlihat sedikit lebih unggul dalam hal inovasi product, dan dalam hal promosi.
Coklat mars di balut permen yang tahan panas, sehingga dia memiliki tag line
coklat yang tidak lumer di tangan tapi lumer di mulut.
Produk - Produk yang
lebih diunggulkan oleh Hershey beberapa diantaranya Snickers, Three
musketers, M&M, dan Milky way. Produk-produk tersebutlah yang diunggulkan
untuk bersaing dengan perusahaan lainnya. Akan tetapi semakin bertambahnya
waktu, kondisi politik negara juga sangat berpengaruh. Dan kedua perusahaan
besar terebut membuat inovasi-inovasi strategi yang diantaranya, perusahaan Hershey
memanfaatkan perang militer Amerika di Irak. Hershey mampu menyuplai
coklat sebagai konsumsi tentara amerika yang berperang, dengan daya konsumsi
kurang lebih 12 pon cokelat per orang. Dan membuat produk untuk para militer
dengan produk baru Desert Bar yang merupakan cokelat bisa bertahan tidak meleleh
hingga suhu 140 derajat farenheit.
Perusahaan cokelat Hershey
membuat inovasi produk Milky way dengan biaya produksi yang lebih murah
sehingga mampu bersaing dengan produk-produk Mars. Ketika tahun 1967 dan 1968
terjadi kenaikan harga nikel sehingga mempengaruhi harga produksi saat itu. Dan
Hershey mengalami kondisi down, tapi pada akhirnya mampu untuk membuat solusi
sehingga untuk menjadi unggul kembali di bisnis produsen cokelat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar